Sabtu, 21 Januari 2012

Kirab Pusaka Grebeg Suro 2011

Meski tidak semeriah ‘Kirab Budaya’ yang diadakan di Agustus yang lalu [Hari Jadi Ponorogo]  Kirab Pusaka Kabupaten Ponorogo Kali ini terasa khidmad.
Diawali ziarah Makam Raden Bathoro Katong [Pendiri Ponorogo] sekitar jam 8 pagi di Makam Setono Jenangan [kota lama], dan sekitar pukul 2 siang Kirab di berangkatkan menuju pendopo Kabupaten Ponorogo yang berjarak hampir 5 km-an.
Kegiatan ini merupakan pertanda prosesi kepindahan pusat pemerintahan Kabupaten Ponorogo. Adapun Pusaka kebanggaan Kabupaten Ponorogo yang diboyong antara lain adalah sebagai berikut : 1. Angkin Cinde Puspito; 2. Payung Songsong Tunggul Wulung; 3. Tumbak Tunggul Nogo.


Event ini mengambil rute dari kota lama (yang sekarang bernama pasar pon) ke barat melewati jl. Batoro Katong, dan di akhiri di depan paseban alun-alun Ponorogo.  Event ini adalah untuk memindahkan benda-benda pusaka dari kota lama untuk di cuci di pendopo kabupaten. Di event Kirab Pusaka ini, semua unsur pegawai pemerintahan mengikutinya. Dengan menaiki dokar yang telah dihiasi dengan sangat rapi, para petinggi pejabat pemerintahan kabupaten Ponorogo ini menyapa para rakyatnya. Selain dari pegawai pemerintahan, Kirab Pusaka ini diikuti oleh seluruh sekolahan yang berada di Ponorogo ini. Dengan dokar, mobil dan murid-murid pilihan yang di dandani begitu ganteng dan cantiknya mereka ikut memeriahkan acara ini.


Di event ini kita bisa melihat begitu indahnya hiasan dokar dan mobil yang bisa diabadikan dengan kamera. Selain itu kita bisa menyapa langsung bapak bupati, wakil bupati dan juga semua jajaran di pemerintahannya. Biasa bapak bupati dan jajarannya membawa berbagai makanan kecil yang akan dibagikan kepada semua pengunjung yang berjajar di pinggir jalan. dan sudah pasti, makanan itu akan menjadi rebutan para pengunjung kirab pusaka ini.


Event ini juga dimanfaatkan bagi kawan-kawan fotografer baik yang sudah lama berkecimpung maupun yang baru saja memegang kamera untuk mengabadikan moment-moment terindah di event tahunan ini. Dan inilah beberapa jepretan dari kawan-kawan fotografer Ponorogo dalam event Kirab Pusaka Grebeg Suro 201 :

Sebenarnya di awal selain Rizal Gibran juga direncanakan Ratna Listy yang akan datang sebagai bintang tamu, namun entah apa sebabnya yang datang hanya Rizal Gibran yang memerankan Raden Bathoro Katong, sedangkan Ratna Listy tadinya akan didaulat memerankan Dewi Songgolangit.








Kakang Senduk  ini merupakan suatu wadah pencarian muda-mudi Ponorogo berbakat yang siap menjadi duta wisata dan wakil Kabupaten Ponorogo untuk menyampaikan promosi pariwisata, menjaga hubungan baik dengan masyarakat ponorogo maupun masyarakat indonesia, serta menjalin persahabatan dengan Duta Wisata dari kabupaten lainnya di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar